Rabu, 02 Januari 2013

Metode Pembelajaran



Metode Pembelajaran

Dalam melaksanakan tugas di Bidang Pendidikan khususnya untuk guru, diperlukan adanya kemampuan atau kompetensi profesional yang menjadi prasyarat keberhasilan suatu pelaksanaan tugas. Kemampuan professional ini, terutama berkaitan dengan bagaimana menciptakan lingkungan untuk terjadinya proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien. Hal ini sangat penting dikuasai oleg guru karena tuntutan pokok yang dihadapi sehari-hari dalam tugas profesionalnya.

1.      PEMAHAMAN TENTANG PROSES PEMBELAJARAN
A.      Pengertian Pembelajaran dan Pengajaran
B.      Peran  Guru dalam Proses Pembelajaran
C.      Pendekatan Pembelajaran
D.     Pendekatan sistem dalam Pembelajaran
E.      Pembelajaran sebagai Suatu Sistem :
F.       Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning)

2.      MENGAJAR DALAM PEMBELAJARAN
A.      Paradigma Mengajar
B.      Pengertian Mengajar
C.      Asas-asas mengajar
D.     Prinsip-prinsip Umum Mengajar
E.      Persyaratan Keterampilan Guru dalam Proses Pembelajaran

3.      BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN
A.      Pengertian Belajar
B.      Asumsi Pengaktifan Siswa dalam Belajar
C.      Prinsip-Prinsip Belajar
D.     Teori-teori Belajar
E.      Tipe-tipe Belajar
F.       Bentuk-bentuk Belajar
G.     Faktor-faktor dalam Belajar

4.      INTERAKSI, KOMUNIKASI DAN GAYA MENGAJAR
A.      Interaksi  dalam Proses Pembelajaran
B.      Penataan Pola Komunikasi dalam Proses Pembelajaran
C.      Berbagai Gaya Mengajar
D.     Pembelajaran Klasik dan Landasannya
E.      Pembelajaran Teknologis dan dan Landasannya
F.       Pembelajaran Personalisasi dan Landasannya
G.     Pembelajaran Interaksional dan Landasannya
H.     Makna Berbagai Gaya Mengajar bagi Guru
I.        Gaya Penampilan Guru Ketika Mengajar

5.      METODE PEMBELAJARAN PENDEKATAN KELOMPOK
A.      Konsep Belajar yang Berpusat pada Siswa
B.      Penerapan Model Dasar Pembelajaran
C.      Metode Pembelajaran

6.      METODE PEMBELAJARAN PENDEKATAN INDIVIDUAL
A.      Konsep Dasar Belajar Tuntas
B.      Strategi Belajar Tuntas  Model Bloom
C.      Belajar Tuntas dalam Kurikulum …..
D.     Sistem Pembelajaran Modul
E.      Sistem Pembelajaran Berprogram
F.       Personalized  sytem of Intruction (PSI)
G.     Sistem Pembelajaran Plan

7.      MENGAJAR DALAM PRAKTIK
A.      Memberikan Penjelasan
B.      Mengajukan Pertanyaan
C.      Memberikan Penguatan (Reinforcement)
D.     Pengembangan Kemampuan Penalaran dn Pemecahan Masalah
E.      Menyelenggarakan Diskusi

8.      SUMBER BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.      Sumber Belajar
B.      Media Pembelajaran
C.      Lembaran Kerja Siswa

9.      PENGALAMAN BELAJAR
A.      Prinsip Umum Pengalaman Mengajar
B.      Pengalaman Belajar Menurut Edgar Dale
C.      Pengalaman Belajar Menurut Peter Shea
D.     Pengalaman Belajar dan Kegiatan Pembelajaran
E.      Pengalaman Belajar dan Kecakapan Hidup (Life Skill)

10.  EVALUASI HASIL BELAJAR
A.      Makna Evaluasi
B.      Jenis Evaluasi
C.      Alat Evaluasi
D.     Acuan yang Digunakan dalam Evaluasi
E.      Teknik Evaluasii
F.       Bentuk-bentuk Soal Tes
G.     Langkah-langkah Evaluasi
H.     Ketuntasan Belajar
I.        Penilaian Hasil Belajar Tuntas (Mastery Learning)
J.        Instrumen Evaluasi Proses Pembelajaran
K.      Evaluasi Berdasarkan Taksonomi Bloom

11.  UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PROSES PEMBELAJARAN
A.      Penataan Ruangan Kelas
B.      Penerapan Prinsip Belajar Sambil Berbuat
C.      Upaya Guru Membimbing dan Mengarahkan Siswa untuk Belajar