Rabu, 15 Desember 2010

GURU BAIK BELUMLAH CUKUP, GURU HARUS BAIK, BENAR

GURU BAIK BELUMLAH CUKUP,

GURU HARUS BAIK, BENAR

Mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat, arus informasi yang deras, perubahan system pendidikan dan system social dalam setiap masyarakat modern, sangatlah penting bagi GURU untuk mengenal apa yang mendorong perilaku dan pikiran ANAK. Mengapa ANAK melakukannya atau sekedarmengetahui diri mereka sebagai seseorang”.

Pengenalan diri bukan saja hanya untuk menghadapi perubahan dan kemajuan jaman, tetapi lebih dari itu sangat membantu memudahkan kita untuk memahami orang lain. Dalam berinteraksi dalam kehidupan pribadi dan kehidupan “professional kita” hanya dengan mengenal diri, kita dapat mengenal orang lain. TIDAK menyalah artikan komunikasi atau atau tindakan mereka dan salah dalam menilai sikap mereka.

Bobby De Porter pengarang buku Quantum learning dan Quantum Teaching melakukan pendekatan pribadi untuk dapat merubah perilaku orang lain adalah “ masuklah ke dunia dia dan bawalah dia ke dunia kita”.

Hemat kami konsep itu amt sederhana dan mudah dilaksanakan tetapi akan sulit apabila kita tidak bisa “Biso Rumongso” (bisa merasa) bukan “Rumongso Biso” (Merasa bisa).

Biso Rumongso adalah konsep pengenalan diri, lebih dalam mengenal diri sendiri yang akhirnya dapat menimbulkan “SIMPATI” dan “EMPATI”. Sementara Rumongso Biso adalah konsep merendahkan orang lain atau membuat orang lain tidak berharga. Kecenderungan Rumongso Biso menimbulkan sikap Arogansi dan tidak memiliki welas asih, sombong dan menutup diri dari perubahan.

TO BE GOOD TEACHER (menjadi guru yang baik) bukanlah sesuatu yang sulit, tetapi juga bukan tanpa tantangan. Seringkali tantangan yang dihadapi “tidak tampak” tepatnya bukan seperti tantangan. Sebagai contoh kita bias mengukur diri tentang keberadaan kita di zona mana, baik atau belum, cobalah menjawab pertanyaan ini :

  1. Apakah menjadi guru cita-cita anda …..?
  2. Apakah menjadi guru bukan karena materi ….?
  3. Apakah pernah berkorban materi untuk menunjang profesi ….?
  4. Apakah anda korbankan pikiran anda untuk kemajuan pendidikan …?
  5. Apakah anda penyabar ..?
  6. Apakah anda mengajar dengan konsep …?
  7. Apakah anda kreatif ….?
  8. Apakah anda terbuka …?
  9. Apakah anda peduli dengan lingkungan sekitar ….?
  10. Apakah anda bertanggung jawab menjunjung moralitas ….?

Cobalah kita renungkan dan jujur untuk menjawab pertanyaan di atas, seandainya anda menjawab “YA” untuk semua pertanyaan di atas WAOOOUW …… SELAMAT ANDA LUAR BIASA “.


Kemampuan Personal seorang guru menjadi amat tergantung dengan kesiapan guru itu sendiri dalam menghadapi tantangan jaman, kondisi social, ekonomi lingkungan, bias menjadi daya dukung kemajuan atau malah menjadi VIRUS dan sumber penyakit “psikhologi” bagi kita antara lain :

  • MUAL : MUTU AMAT LEMAH
  • KUDIS : KURANG DISIPLIN
  • ASMA : ASAL MASUK KELAS SAJA
  • KUSTA : KURANG STRATEGI
  • TIPES : TIDAK PUNYA SELERA
  • TBC : TIDAK BISA COMPUTER
  • KRAM : KURANG TRAMPIL
  • POLIO : PAGI ON LINEOLDANOL
  • LESU : LEMAH SUMBERNYA
  • DIARE : DIREMEHKAN AREK-AREK
  • GINJAL : ………….

SEMOGA KITA TERMASUK YANG BERSIH dari Viru itu ….AMIIN.


(Disarikan dari kegiatan Training yang dibawakan oleh : Waris Hadi)

Tidak ada komentar: